Generasi Kedua Toyota Rush – Toyota Jakarta Utara

Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan generasi kedua varian low multi purpose vehicle (LMPV), yaitu All New Rush. Secara tampilan mobil ini memiliki desain berbeda dari Rush pada edisi pertama.

Chief Engineer TAM Eiji Fujibayashi, mengatakan penampilan All New Rush mengalami perubahan drastis di bagian eksterior. Beberapa desain garis pada bodi kendaraan hingga tampilan depan lebih modern masuk ke dalam konsep terbaru mobil tersebut.

Tidak hanya itu Rush kini memiliki dimensi lebih panjang 230 mm setelah tidak lagi memakai konde atau ban serep yang dilekatkan pada pintu belakang. Ban cadangan kini diletakan di bagian bawah lantai belakang.

“Mobil ini hadir hadir melalui riset dan survei mendalam. Saya membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk tinggal di Indonesia, demi mencari tahu mobil apa yang dibutuhkan dan diinginkan masyarakat Indonesia,” kata Fujibayashi di Jakarta, Kamis (23/11).

Kemudian, pada bagian kabinnya mobil ini didesain dengan model tiga baris. Untuk menambah kenyamanan penumpang, jarak ke baris kedua dibuat lebih panjang 70 cm dari seri sebelumnya.

“Dan ini masih menyisakan ruang yang luas untuk tempat bagasi, lebih panjang 150 mm,” ungkap dia.

Rush terbaru tersedia dalam dua varian, G dan TRD Sportivo. Khusus tipe TRD Sportivo, bagian panel depan dilapisi material lebih lembut untuk memberi kesan eksklusif. Interiornya juga dilengkapi dengan desain dashboard yang memancarkan nuansa lebih tangguh.

Kedua tipe Rush baru ini sudah dilengkapi dengan pengaturan audio melalui roda kemudi, bahkan khusus untuk tipe TRD Sportivo roda kemudinya dilengkapi pengaturan telepon.

Pengaturan AC juga menggunakan layar digital, dimana tipe TRD memiliki fungsi otomatis dan tipe G memiliki sistem memori yang dapat menyimpan dua pengaturan.

Untuk fitur entertainment, All New Rush tipe TRD Sportivo dilengkapi dengan DVD AVX 7″ dengan koneksi internet, USB, Bluetooth, konektor untuk Ipod/Iphone, remote fisik, Miracast, Weblink. Perangkat hiburan ini juga mendukung aplikasi remote dan multitasking di smartphone.

Sedangkan untuk tipe G, Toyota memberi fitur entertaintment dilengkapi DVD AVX 7″, USB, Bluetooth, Ipod/Iphone Connect, Physical Remote, HDMI, dan Miracast.

Sistem entertaiment tersebut didukung surround audio dengan delapan speaker untuk tipe TRD Sportivo dan 6 speaker kepada tipe G.

Agar semakin nyaman, sistem suspensi telah diubah dengan penambahan stabilizer di bagian belakang. Tingkat kebisingan juga menjadi jauh berkurang dibandingkan model sebelumnya.

Sedangkan pabrikan Jepang itu juga memasangkan fitur keamanan dan keselamatan. Semua tipe All New Rush dilengkapi dengan menggunakan Anti-lock Braking System (ABS), Hill Start Assist Control (HSA), Vehicle Stability Control (VSC) untuk menjaga kestabilan saat menikung. Mobil juga sudah dilengkapi enam airbags.

Dengan karakter SUV, Rush memiliki sistem gerak roda belakang yang dipadukan dengan mesin baru Dual VVT-i (2NR) 1.500cc. Mesin itu sedianya sama seperti yang dipasangkan pada Toyota Veloz maupun Sienta.

Harga pada 2018

Sementara itu walau sudah diluncurkan, produsen belum mau menyebut harga jual mobil terbarunya. Harga resmi Rush baru akan diumumkan, pada awal 2018 mendatang.

Presiden Direktur TAM Yoshihiro Nakata, beralasan bahwa Toyota masih menunggu perubahan tarif pajak 2018. Tarif yang dimaksud ialah bea balik nama (BBN).

Namun, ia menyebut ada kenaikan sekitar Rp3 juta dari model sebelumnya. “Tapi kami upayakan kenaikan plus minus di kisaran Rp3 juta,” ujar Nakata.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto, menargetkan penjualan untuk Rush terbaru berada diangka 2.500 sampai dengan 3.000 unit tiap bulan.

Target itu meningkat dari perolehan pada segmen tersebut saat ini berjumlah 1.500 hingga 2.000 unit perbulan. Sedangkan, untuk capaian pertahun turun menjadi 80 ribu unit, meski sebelumnya sempat mencapai 100 ribu unit pertahun.

“Target penjualan volume sekitar 2.500 unit sampai 3.000 unit dengan market share kami upayakan di atas 30 persen untuk segmen ini,” kata Henry.

Sekadar informasi, Rush sendiri pertama kali mengaspal pada 2006 dan telah terjual sampai sekarang sebanyak 250 ribu unit. Untuk harganya, pada varian terendah Rp239,9 juta dan Rp267,85 juta kepada varian tertinggi.

SUMBER  : cnnindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *